Batalyon Infanteri Mekanis 403/Wirasada Pratista Rayakan HUT ke-59, Ketua Umum Dopper Shooting Club Beri Ucapan Selamat

oleh
oleh

Yogyakarta – Dalam rangka menyambut hari ulang tahun Batalyon Infanteri Mekanis 403/Wirasada Pratista (Yonif Mekanis 403/WP) yang ke-59, Ketua Umum Dopper Shooting Club, Yusuf Randie, S.H., menyampaikan ucapan selamat dan doa kepada seluruh anggota batalyon.

“Selamat hari jadi Batalyon Mekanis 403 Wirasada Pratista. Kami berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga dalam tugas menjaga kedaulatan NKRI, seluruh anggota Batalyon 403 diberikan kesehatan dan kelancaran. Aamiin,” ucap Yusuf Randie, yang juga merupakan Direktur Kantor Advokat Eshar dan Rekan.

Yusuf Randie juga menambahkan, “Seiring bertambahnya usia Yonmek 403/WP, diharapkan dapat semakin maju, berkembang, dan jaya. Wirasada… Pratista!”

Batalyon Infanteri Mekanis 403/Wirasada Pratista memiliki sejarah panjang yang penuh dengan gejolak politik pasca Perang Kemerdekaan RI. Diresmikan pada 1 Agustus 1965 dalam suatu upacara di alun-alun SMP Negeri IV Yogyakarta, Yonif 403/WP merupakan peleburan dari Yonif 437 di Purworejo, Yonif 438 di Yogyakarta, Yonif 445 di Surakarta, dan Yonif 447 di Klaten.

Kebijakan mengganti kode C dengan kode angka Yonif 403/BS Korem 072/Pamungkas menandai perubahan signifikan bagi batalyon ini. Markas mereka bertempat di Benteng Vredeburg, sementara kompi-kompi dan asrama tempat tinggal berada di Kentungan, bekas asrama L yang telah dibubarkan.

Dengan perkembangan struktur organisasi TOP ROI, Yonif 403 juga mendapatkan tambahan kekuatan dari Yonif 402/Purworejo dan Yonif 404/Salatiga. Nama “Wirasada Pratista” sendiri merupakan gabungan dari nama Batalyon 403/Wirasada dan Batalyon 404/Pratista, yang menunjukkan sinergi dan kebersamaan dalam menjaga kedaulatan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.