Gemilang di Usia Muda! Atlet Tembak Reaksi M. Jibril Mahendra Akbar Lolos PON XXI Aceh 2024

oleh

Solo – Muhammad Jibril Mahendra Akbar, atau yang biasa dipanggil Jibril, adalah putra dari Hengky Herendra Dewantoro. Di usianya yang baru 17 tahun, Jibril sudah mencatatkan prestasi luar biasa sebagai atlet termuda cabang olahraga Tembak Reaksi IPSC di Jawa Tengah. Saat ini, Jibril masih berstatus pelajar di SMA Negeri 4 Surakarta dan telah berhasil lolos untuk mengikuti PON XXI di Aceh pada September 2024 setelah melewati beberapa kali seleksi tingkat Provinsi dan Nasional, mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam cabang Tembak Reaksi Standard Class.

Sejak balita, Jibril sudah menunjukkan bakat multitalenta yang besar di bidang olahraga. Ia memulai kariernya dari olahraga Taekwondo, di mana ia telah meraih banyak prestasi dan kini menyandang Black Belt DAN I (Sabuk Hitam). Dari Taekwondo, Jibril juga menguasai cabang olahraga bela diri lainnya, seperti menjadi Juara 1 Seleksi Nasional Tarung Tradisi 2021, Juara 1 Wushu Sanda POPDA Semarang 2022, Juara 1 Kick Boxing Kejurprov Jateng Lowkick Temanggung Championship 2022, Juara 2 Sambo Junior Putra U-15 2021 di Yogyakarta, serta ikut dalam berbagai kejuaraan Jujitsu.

Selain bela diri, Jibril juga menekuni olahraga Tembak Reaksi IPSC dan AAIPSC hingga kini. Tidak hanya itu, ia sering mengikuti lomba lari Half Marathon dan akan mengikuti Lomba Lari Marathon 42K di Jogja pada akhir Juni 2024 di tengah kesibukannya yang padat.

Jibril mulai menekuni cabang olahraga menembak sejak kelas 6 SD. Dalam bidang Tembak Reaksi di tingkat Nasional dan Internasional, ia telah meraih banyak prestasi kejuaraan. Setelah tiga kali mengikuti Seleksi PRA PON 2024, Jibril meraih juara 1 pada Kejurnas PRA PON 2024 di Jawa Barat, yang akhirnya membawanya lolos untuk mengikuti PON XXI di Aceh 2024 mendatang.

Peringkat juara terakhir yang diraih Jibril adalah Juara 1 Grade B Standard Division dan Juara 2 Category Junior Standard Division pada Kejuaraan Tembak Danjen Kopassus pada 25 Mei 2024. Hingga saat ini, Jibril telah mengumpulkan 94 penghargaan dari berbagai cabang olahraga.

Jibril adalah contoh Gen Z yang berhasil mengembangkan bakat, prestasi, dan akhlaknya. Di sekolahnya di SMAN 4 Surakarta, Jibril dikenal sebagai anak yang pandai bergaul, banyak teman, dan aktif di kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler, serta sebagai atlet yang sukses membawa nama harum sekolah di berbagai kejuaraan.

Kesuksesan Jibril dimulai dari dukungan keluarganya, di mana orang tua Jibril sangat mendukung anaknya untuk berprestasi, baik dari segi gizi, pendidikan, maupun pengembangan kepribadian dan spiritual. Di tengah keprihatinan tentang masa depan generasi muda, prestasi Jibril diharapkan bisa direplikasi dalam pengembangan anak muda Indonesia untuk menyongsong Generasi Emas 2045.

Kita support dan doakan agar Jibril bisa membawa nama harum Jawa Tengah dan Kota Surakarta pada khususnya di PON XXI di Aceh 2024 dengan meraih medali emas.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.